Plantation


Plantation (Tanah, Iklim, Pemetikan & Pemeliharaan)

 

Bebekal puluhan tahun pengalaman dalam industri teh, sampai sekarang PT Tang Mas masih menjaga kualitas teh yang diproduksi dari kebun teh sendiri. Ada 2 jenis teh yang dihasilkan dari PT Tang Mas yaitu Green Tea dan Black Tea. Keduanya pun di produksi dengan metode berbeda dengan hasil product yang berbeda. Untuk Green Tea PT Tang Mas menghasilkan minuman ready-to-drink tea yaitu Zestea Green Tea dan Black Tea menghasilkan minuman Teh Zegar.

 

Mengulang kesuksesan Zestea, teh hijau dari 2Tang, maka Teh Zegar pun diproduksi dengan process berteknologi tinggi demi menjaga kualitas product teh unggulan kami. 

 

Ada beberapa aspect yang selalu kami jaga yaitu lahan tanah perkebunan teh, Cara pemetikan teh, dan membudidayakannya.

1. Tanah Perkebunan
Faktor tanah dalam pertumbuhan tanaman teh sama halnya dengan tanaman yang lain, merupakan sesuatu yang sangat penting, sebab itu sifat tanah harus yang gembur, subur, bisa meresap air sampai ke dalam, dan sirkulasi air lancar.

 

Tanaman teh hanya akan tumbuh dengan baik apabila ditanam di dataran tinggi dan sejuk. 2Tang memilih perkebunan teh nya yang berlokasi di Sukabumi dan Tegal, dimana dengan rata-rata tinggi tanah per tahunnya 2000 mm – 2500 mm, sedangkan untuk musin kemarau berkisar 100 mm. Sebab tanaman teh membutuhkan curah hujan cukup tinggi.

 

2. Iklim lokasi perkebunan
Walaupun pohon teh sangat baik ditanam di dataran tinggi tapi mesti diketahui, bila pohon teh ditanam didataran yang terlalu tinggi maka hasilnya kurang maksimal, pertumbuhannya akan terhambat (lambat). Jadi untuk ketinggian usahakan pada posisi 800 – 1100 m dpl. Tidak boleh sampai melebihi 1200 m dpl. Suhu yang baik untuk tanaman teh yaitu berkisar 14° - 25°C.

 

3. Cara pemetikan teh
Pemetikan teh di perkebunan 2Tang sangat ketat peraturannya agar menghasilkan daun teh yang terbaik untuk disajikan ke konsumen.

• Pemetikan daun teh harus yang berwarna hijau muda karena memiliki aroma teh yang kuat di banding daun teh berwarna hijau tua.

• Daun teh yang tidak terlalu lebar dapat dipilih sebagai daun teh layak petik. Biasanya bagian daun ketiga dari atas

• Guna menjaga agar pertumbuhan pucuk teh tetap normal, saat memetik teh disarankan jangan terlalu bawah karena akan berimbas pada lambatnya pertumbuhan pucuk baru.

 

4. Pemeliharaan perkebunan teh
Tanaman yang sudah kami tanam harus dipelihara agar dapat tumbuh dengan maksimal. Cara memelihara tanaman teh di 2Tang dibagi menjadi 3 langkah yaitu:

• Perawatan luka-luka bekas pangkasan dan pemangkasan pada pohon-pohon teh.

• Cara memetiknya atau pengambilan hasil panen hingga mendapatkan hasil yang sebanyak-banyaknya tanpa mempengaruhi keadaan dan kondisi pohon itu sendiri.

• Menjaga pohon teh supaya tidak terserang penyakit atau hama.

 

 


To Top